Katuranggan Ayam Jengger Tigan, Si Tangguh dan Kuat di Arena Aduan

Kehadiran katuranggan pada jenis ayam aduan Bangkok pada dasarnya sangatlah variatif. Setiap jenis katuranggan juga mempunyai keistimewaan berbeda. Dimana umumnya, katuranggan ini kerap dijadikan bobotoh sebagai tolak ukur kualitas seekor ayam aduan di arena laga. Termasuk salah satunya adalah bagian katuranggan ayam jengger.

Biasanya katuranggan di sini bisa dilihat dari banyak sisi. Mulai dari penampilan fisik seperti jengger hingga gaya bertarung. Katuranggan jengger seekor ayam aduan memang sudah sangat terkenal. Bagian ini memang kerap menjadi tolak ukur bobotoh untuk menilai kualitas ayam aduan.

Ada banyak sekali katuranggan jengger seekor ayam aduan. Masing-masing mempunyai ciri dan keistimewaan berbeda-beda. Dimana jenis ayam aduan jengger “Tigan” menjadi salah satu yang paling populer. Karena ayam aduan dengan jengger tigan dikenal sangat kuat dan mempunyai segudang kelebihan saat turun ke dalam arena laga.

MENGENAL KATURANGGAN AYAM JENGGER TIGAN

Ayam aduan Bangkok dengan katuranggan jengger tigan memang tidak kalah populer dibandingkan jenis lain. Bahkan boleh dibilang jika katuranggan jengger ini jauh lebih favorit dibandingkan “mawar”. Bukan hanya itu, sejumlah bobotoh sabung ayam meyakini jika katuranggan jengger tigan sebagai yang terkuat di dunia saat ini.

Ayam aduan Bangkok jengger tigan ini dikenal juga dengan sebutan “Jengger Telon”. Dimana ayam ini mempunyai penampilan sangat unik. Sehingga tidak sulit untuk mengenali ayam aduan dengan katuranggan jengger tigan. Apalagi dengan hadirnya fakta dimana ayam aduan jengger tinggan ini hampir selalu bisa memenangkan pertarungan. Wajar jika popularitasnya di dunia sabung ayam sangatlah luar biasa.

  • Ciri utama dari ayam aduan jengger tigan adalah adanya 3 belahan di bagian jengger. Bentuknya seperti sebuah gunung yang terbagi menjadi 3 bagian.
  • Tekstur jengger tigan lebih keras. Ukurannya juga tidak terlalu kecil dan juga besar.
  • Biasanya, hampir sama dengan ayam aduan katuranggan jengger blangkon jika dilihat sekilas. Akan tetapi, perbedaan jauh lebih detail adalah pada ukurannya yang sedikit lebih besar.
  • Dengan struktur bentuk tubuh proporsional dan besar. Ayam aduan Bangkok katuranggan jengger tigan sangat gagah dan juga berani.
  • Belum lagi dengan adanya struktur tulangan lebih kuat dan besar membuat ayam aduan jengger tigan terlihat lebih garang ketika berada di dalam arena laga.
  • Biasanya mempunyai paruh berwarna kuning muda atau cream cerah.
  • Sorotan mata ayam aduan Bangkok jengger tigan juga sangat bening dan jernih.
READ  Manfaat dan Cara Pemberian Tomat Untuk Seekor Ayam Jawara Aduan

Kelebihan ayam aduan jengger tigan memang sudah tidak perlu lagi dipertanyakan. Cukup banyak bobotoh yang sudah sangat mengakui kehebatan ayam aduan jengger tigan. Kemampuan gaya bertarung luar biasa membuatnya kerap keluar sebagai jawara di arena laga.

Ayam aduan Bangkok jengger tigan ini dikenal memiliki mental bertarung luar biasa. Inilah yang membuatnya selalu tampil dominan dalam setiap pertarungan. Bentuk jengger tigan yang lebih keras membuatnya sangat sulit untuk terkena serangan patukan ayam lawan. Paruh ayam aduan jengger tigan juga dikenal kuat dan tajam. Sehingga memudahkan ayam aduan Bangkok jengger tigan untuk melakukan kuncian, mematuk hingga mencungkil jengger maupun mata ayam lawan.

Belum lagi dengan tubuhnya yang lebih besar dan keras, jelas akan membuat ayam aduan Bangkok jengger tigan mampu mengeluarkan pukulan mematikan. Ayam ini juga sangat mudah dikawinkan silang dengan jenis ayam aduan lain.

Itulah tadi beberapa ciri sekaligus kelebihan dari katuranggan ayam jengger tigan yang sudah sangat populer di dunia sabung ayam.